Jumat, 29 Juli 2011

Makalah Pemilihan Media Pembelajaran

Makalah Pemilihan Media Pembelajaran

BAB I

PENDAHULUAN

 Media menurut batasannya adalah perangkat lunak yang berisikan pesan atau informasi pendidikan yang lazimnya disajikan dengan menggunakan peralatan. Dikatakan lazimnya karena ada beberapa jenis media yang bersifat swasaji, seperti halnya gambar dan obyek yang berupa benda-benda yang sebenarnya maupun benda-benda tiruan.
Masing-masing jenis media mempunyai kelebihan dan keterbatasan. Ada yang hemat dalam waktu tenaga dan biaya, adapula yang banyak memeras waktu, tenaga dan biaya.
Agar supaya kita tidak salah pilih dan agar media itu bisa tepat guna dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media pembelajaran, adapun beberapa hal tersebut akan kami bahas dalam bab selanjutnya.

BAB II

DASAR PERTIMBANGAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN


            Beberapa penyebab mengapa orang memilih media antara lain adalah :
a.  Bermaksud mendemonstrasikannya seperti halnya pada kuliah tentang media
b.  Merasa sudah akrab dengan media tersebut, misalnya seorang dosen yang sudah terbiasa menggunakan proyektor transparansi
c.   Ingin memberi gambaran atau penjelasan yang lebih konkrit
d. Merasa bahwa media dapat berbuat lebih dari yang bisa dilakukannya, misalnya untuk menarik minat belajar siswa.
            Jadi dasar pertimbangan untuk memilih media sangatlah sederhana, yaitu “dapat memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan yang diinginkan atau tidak”. Mc. Connel, (1974), mengatakan bila media itu sesuai pakailah “If the medium fits,use it !”

A. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih media pembelajaran

Media pembelajaran yang beraneka ragam itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam pembelajaran dengan mempertimbangkan berbagai faktor, antara lain :
1.   Jenis kemampuan yang akan dicapai sesuai dengan tujuan
Sebagaimana diketahui, bahwa tujuan pembelajaran itu menjangkau domain kognitif, afektif dan psikomotorik, maka memilih media pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai.
2.   Kegunaan dari berbagai jenis media pembelajaran itu sendiri
Setiap jenis media pembelajaran mempunyai nilai kegunaan sendiri-sendiri. Hal ini harus dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang digunakan.
3.   Kemampuan guru menggunakan suatu jenis media pembelajaran.
Betapapun tingginya nilai kegunaan media pembelajaran, tidak akan memberi manfaat sedikitpun bila di tangan orang yang tidak mampu menggunakan media pembelajaran.
4.   Fleksibilitas (lentur), tahan lama dan kenyamanan media pembelajaran
Dalam memilih media pembelajaran harus dipertimbangkan kelenturan, dalam arti dapat digunakan dalam berbagai situasi, harus tahan lama, dan digunakannya pun tidak berbahaya.
5.   Keefektifan suatu media pembelajaran dibandingkan dengan jenis media pembelajaran lain untuk digunakan dalam pembelajaran suatu materi pembelajaran tertentu.

B.   Langkah-Langkah Memilih Media Pembelajaran

Gagne dan Briggs (1979 : 195) menyarankan suatu cara dalam langkah-langkah memilih media pembelajaran, yaitu :
1.   Merumuskan tujuan pembelajaran
2.   Mengklasifikasi tujuan berdasarkan domain atau tipe belajar
3.   Memilih peristiwa-peristiwa pembelajaran yang akan berlangsung
4.   Menentukan tipe perangsang untuk tiap peristiwa
5. Mendaftar media pembelajaran yang dapat digunakan pada setiap peristiwa dalam pembelajaran
6.   Mempertimbangkan (berdasarkan nilai kegunaan) media pembelajaran yang dipakai
7.   Menentukan media pembelajaran yang terpilih akan digunakan
8.   Menulis rasional (penalaran) memilih media pembelajaran tersebut
9.   Menulis tata cara pemakaiannya pada setiap event (peristiwa)
10.  Menuliskan script (naskah) pembicaraan dalam penggunaan media pembelajaran.[1]

C.     Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Kriteria pemilihan media pembelajaran harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, kondisi dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan sifat-sifat khasnya (karakteristik) media yang bersangkutan.
Profesor Ely dalam kuliahnya di Fakultas Pasca Sarjana IKIP Malang Tahun 1982 mengatakan bahwa pemiihan media seyogyanya tidak terlepas dari konteksnya bahwasanya media merupakan komponen dari sistem instruksional secara keseluruhan. Karena itu, meskipun tujuan dan isinya sudah diketahui. Faktor-faktor lain seperti karakteristik siswa, strategi belajar mengajar organisasi kelompok belajar, alokasi waktu dan sumber, serta prosedur penilaiannya juga perlu dipertimbangkan.
Sebagai pendekatan praktis disarankannya untuk mempertimbangkan media apa saja yang ada, berapa harganya, berapa lama diperlukan untuk mendapatkannya, dan format apa yang memenuhi selera pemakai (misalnya guru dan siswa).
Hakikat dari pemilihan media ini pada akhirnya adalah keputusan untuk memakai, tidak memakai, atau mengadaptasi media yang bersangkutan.[2]


BAB III

PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA

A.     Menurut Drs. Sudirman :

1.      Tujuan Pemilihan
Memilih media harus berdasarkan maksud dan tujuan yang jelas.
Ø      Apakah untuk umum, sekedar hiburan atau mengisi jam kosong ?
Ø      Apakah untuk SD/MI, DMP, SMA?
2.      Karakteristik media pembelajaran
Setiap media mempunyai karakteristik tertentu, baik dilihat dari segi keampuhannya. Cara pembuatannya, maupun cara penggunaannya. Memahami karakteristik berbagai media pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki guru. Apabila kurang memahami karakteristik media, guru akan kesulitan dan cenderung bersikap spekulatif.
3.      Alternatif Pilihan
Memilih pada hakekatnya adalah proses membuat keputusan dari berbagai alternatif pilihan. Guru bisa menentukan pilihan apabila terdapat beberapa media. Apabila hanya ada satu, maka guru tidak bisa memilih, tetapi menggunakan apa adanya.

B.     Menurut Dr. Nana Sudjana (1991 : 104) :

1.   Menentukan jenis media dengan tepat, sesuai dengan tujuan dan bahan pelajaran
2. Menetapkan atau memperhitungkan subjek dengan tepat dan sesuai dengan tingkat kematangan/kemampuan anak didik
3.  Menyajikan media dengan tepat, teknik dan metode disesuaikan dengan tujuan, bahan metode, waktu dan sarana yang ada.
4.  Menempatkan atau memperlihatkan media pada waktu tempat dan situasi yang tepat, kapan dan dalam situasi mana pada waktu menggunakan.

BAB IV

KESIMPULAN

1. Media adalah perangkat lunak yang berisikan pesan atau informasi pendidikan yang lazimnya disajikan dengan menggunakan peralatan.
2.   Dasar pertimbangan untuk memilih media adalah “If the Medium Fits, Use it”
3. Dalam memilih media perlu mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya : sesuai dengan tujuan, kegunaan dari media, kemampuan guru. Fleksibilitas dan efektifitas
4. Kriteria pemilihan media harus dikembangkan sesuai dengan tujuan, kondisi, dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan karakteristik media yang bersangkutan
5. Pada hakikatnya, memilih adalah proses membuat keputusan dari berbagai alternatif pilihan.


DAFTAR PUSTAKA

Dra. Sumiati, Asra, M.Ed., Metode Pembelajaran, Bandung, CV. Warna Prima, 2007
Dr. Arief S. Sadiman, M.Sc., dkk., Media Pendidikan : Pengertian dan Pemanfatannya, Jakarta : Pustekom Dikbud dan PT. Rajagrafindo Persada


[1] Dra. Sumiati, Asra, M.Ed., Metode Pembelajaran, (Bandung, CV. Warna Prima, 2007), hal 165-166
[2] Dr. Arief S. Sadiman, M.Sc., dkk., Media Pendidikan : Pengertian dan Pemanfatannya, (Jakarta : Pustekom Dikbud dan PT. Rajagrafindo Persada), 83-84

0 comments: