Kamis, 04 Agustus 2011

Masa Pra Islam, Klasik dan Pertengahan

Masa Pra Islam, Klasik dan Pertengahan

BAB I
PENDAHULUAN

Kehadiran agama Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW diyakini dapat menjamin terwujudnya kehidupan manusia yang sejahtera lahir dan batin. Di dalamnya terdapat berbagai petunjuk. Bagaimana seharusnya manusia itu menyikpai hidup dan kehidupan ini secara lebih bermakna.
Gambaran ajaran Islam yang demikian itu pernah dibuktikan dalam sejarah dan manfaatnya dirasakan oleh seluruh umat manusia di dunia.
Sejarah Islam merupakan salah satu bidang study Islam yang banyak menarik perhatian para peneliti baik dari kalangan sarjana muslim maupun non muslim. Karena banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian tersebut. Bagi umat Islam, memperlajari metodologi study Islam dalam subyek sejarah ini selain akan memberikan kebanggaan juga peringatan agar berhati-hati. Dalam sejarah umat Islam pernah mengalami kemajuan selama beratus-ratus tahun, dalam segala bidang. Hal ini akan memberikan rasa bangga dan percaya diri menjadi orang Islam. Umat Islam juga pernah mengalami masa kemunduran, penjajahan, keterbelakangan. Dengan demikian akan menyadarkan umat islam untuk memperbaiki keadaan dirinya dan tampil untuk memperjuangakan dalam mencapai tujuan. Untuk itu pada makalah ini kami akan mencoba membahas mengenai metodologi study islam pada sub sejarah ini.
Download makalah lengkap disini

0 comments: