Selasa, 26 April 2011

Penyakit Asma

Penyakit Asma

asma, artikel kesehatan
Seorang ahli penyakit asma mengemukakan bahwa serangan asma tidak lagi seperti dulu karena keadaan lingkungan masih bersih, belum terpolusi. Dulu, anak-anak umumnya bisa mengatasi penyakit asma sedangkan sekarang menurut seorang peneliti Belanda Dr. Ruurd Van Roorda, bila mengidap asma, biasanya bersifat kronis karena makin banyak faktor pemicu di sekitar Anda

Cara pengobatan yang efektif pada penyakit asma, mencakup tiga komponen:
  1. Pemahaman penyakit
  2. Memahami diri sendiri
  3. Mengambil tindakan

KENALI ASMA

Semakin Anda mengerti tentang asma yang Anda derita, apa yang meredakannya dan apa yang meringankan efek-efeknya, semakin mudah bagi Anda untuk mengatasi serangan. Pengetahuan tentang kondisi tubuh secara menyeluruh dapat membantu Anda untuk mengambil keputusan yang tepat dalam memilih pengobatan yang diperlukan dan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya serangan. Percayakan perawatan kesehatan kepada dokter adalah jalan terbaik, namun pencegahan serangan akan lebih efektif jika Anda secara aktif turut ambil bagian dalam perawatan diri sendiri.

ASMA DAN TUBUH ANDA

Memahami diri sebagai pengidap asma akan lebih menolong daripada menganggap asma sebagai musuh Anda. Kenali kondisi tubuh Anda dan ketahui hal-hal yang bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Bila pada suatu hari Anda bangun pagi dengan keadaan yang kurang fit, tidak seperti biasanya, sebaiknya hindari jalan yang padat dan terpolusi sehingga Anda tidak terganggu. Bila merasa tidak bisa tidur, teliti kembali kemungkinan alergi yang mungkin disebabkan oleh makanan atau aktivitas lainnya pada hari tersebut. Salah satu dari ciri-ciri asma paling menakutkan adalah munculnya serangan yang tiba-tiba. Seringkali aroma tertentu atau reaksi terhadap makanan dapat menimbulkan serangan mendadak. Catat setiap kali terjadi serangan dan hindari faktor pemicu agar tidak terulang

MENYIASATI SERANGAN ASMA

Tindakan yang dapat dilakukan untuk meringankan asma dan mencegah serangannya: Bersihkan rumah dan sekitarnya. Kenali allergen (sesuatu yang dapat menyebabkan alergi) di seputar rumah danpelajari cara untuk membasmi atau menangkalnya.
  • Usahakan tempat kerja Anda nyaman dan bersih. Jika tempat kerja "kurang sehat" dan tidak mendukung kesehatan, diskusikan dengan atasan Anda dan cari jalan keluar terbaik.

  • Makanan, olahraga, hindari paparan terhadap allergen yang ada di sekitar rumah bisa mengurangi kepekaan terhadap Anda hal-hal yang dapat memperburuk kondisi.

  • Perhatikan dan tingkatkan jenis makanan yang Anda santap. Suplemen vitamin dan mineral tertentu bisa meningkatkan ketahanan tubuh terhadap pemicu serangan asma. Makanan rendah lemak, sarat karbohidrat, berbagai sayuran sehat bagi tubuh Anda.

  • Lakukan olah raga secara teratur. Melatih paru-paru, jantung serta otot bisa membantu mematahkan derita asma. Sementara latihan-latihan yang bisa memicu serangan asma harus dihindari.

  • Pelajari cara bernapas yang tepat. Cukup mengherankan, banyak penderita asma tidak menyadari bagaimana cara bernapas yang baik. Meski cara bernapas yang salah tidak memicu serangan, tetapi dengan memperhatikan cara bernapas yang benar dapat membantu mencegah serangan serta mengurangi efek-efeknya


0 comments: