Kamis, 05 Mei 2011

Cara Kerja Pil KB

Cara Kerja Pil KB

cara kerja pil kb, artikel kesehatanTerjadinya kehamilan tergantung pada suatu rangkaian proses. Didalam indung telur wanita yang subur ada sekitar 100 telur yang akan menjadi matang setiap bulannya. Satu diantaranya dikeluarkan (disebut ovulasi) antara 12 - 16 hari sebelum periode haid berikutnya. Pada saat itu cairan disekitar vagina yang sebelumnya kental dan berwarna putih dengan tekstur seperti perekat wall paper, berubah menjadi cairan bening dan licin seperti putih telur. Lendir ini dibutuhkan untuk menjaga agar sperma hidup dan dapat berenang melalui rahim (uterus) agar bisa mencapai telur. Biasanya pertemuan antara sperma dan telur terjadi di tuba fallopii, saluran antara rahim dan ovarium. Jika pembuahan terjadi, dinding rahim (endometrium) menjadi tebal dan siap menerima telur yang dibuahi. Seluruh proses ini dibawah pengaruh hormon yang alami. Adapun hormon yang ada pada pil KB mengubah proses-proses tersebut sehingga kehamilan tidak terjadi.

Pil KB Kobinasi mengandung 2 hormon sintetis : Estrogen dan Progesteron. Kedua hormon tersebut bekerjasama mencegah pelepasan telur dari indung telur untuk dibuahi sperma. Progesteron mencegaj penebalan dinding rahim, dimana telur biasanya menempel dan membuat cairan vagina kental sehingga menyulitkan sperma untuk masuk.

Ada dua macam Pil KB Kombinasi :

1. Pil KB Monofasik

Pil KB yang lebih umum digunakan berisi 21 pil. Satu pil diminum setiap hari sampai habis. Tujuh hari selanjutnya tidak ada pil yang diminum dan dalam waktu tersebut terjadi perdarahan seperti haid biasa. Pil berikutnya dimulai kembali setelah tujuh hari tidak minum pil.

2. Pil fase

Memiliki kadar hormon yang bervariasi, untuk 1 bulan dan diminum teratur sesuai dengan aturan yang tertera dikemasannya selama 21 hari. Seperti juga pil monofasik, pil berikutnya dimulai setelah tujuh hari tidak minum pil.

Untuk beberapa jenis pil diatas tersedia pil yang digunakan setiap hari. Pil ini terdiri dari 28 pil, dimana 7 diantaranya tidak mengandung hormon (menggantikan hari-hari bebas minum pil). Tujuannya agar memudahkan para wanita mengingat untuk minum pil setiap hari tanpa berhenti.

Jenis lain dari pil KB hanya berisi 1 macam hormon: Pil KB Progesteron saja, dapat disebut juga "pil mini" yang hanya berisi progesteron. Pil ini terutama menyebabkan perubahan pada cairan vagina, dinding rahim dan tuba falopii, sehingga menyulitkan sperma masuk kerahim, dan membuat lapisan endometrium kecil kemungkinannya menerima telur yang telah dibuahi. selain itu pengaruhnya juga mencegah telur diproduksi (4 kasus dari 10 wanita)

0 comments: