Selasa, 22 Maret 2011

Berat Badan Turun, Hanya dengan Kebiasaan Baru

Berat Badan Turun, Hanya dengan Kebiasaan Baru

Urusan menurunkan berat badan bisa dibilang ‘gampang-gampang susah’. Selain diperlukan niat yang kuat, biasanya Andapun diharuskan mematuhi anjuran tertulis dari buku penuntun diet atau saran dari ahli nutrisi. Mulai dari mengurangi jumlah makanan, memilih makanan, sampai pengaturan menu dan jenis olah raga yang cocok. Tapi apa yang terjadi? Tak satupun anjuran tersebut menggelitik niat Anda untuk segera memulai berdiet. Aturan dan sejuta saran tadi biasanya malah membuat Anda ‘ngeri’ dan jadi malas untuk segera memulai program diet!
Coba kesampingkan itu semua, dan berkonsentrasilah pada usaha untuk menciptakan kebiasaan baru yang baik lebih dulu. Dengan disiplin yang tinggi, Anda tak lagi perlu pusing mengatur menu makan serta jadwal rutin berkunjung ke club kebugaran!.
Awali diet Anda dengan tidak 'bertindak' terlalu keras pada tubuh. Biarkan tubuh menerima perubahan secara perlahan-lahan dengan cara berikut:
  • Membiasakan diri untuk minum air putih sebelum makan atau ngemil. Teori ini merupakan cara termudah untuk mengurangi jumlah makanan yang akan masuk ke dalam perut.
  • Usahakan agar lemari makan atau kulkas hanya berisi makanan tidak siap saji alias makanan yang harus diolah dulu. Dengan cara ini, Anda pasti akan lebih malas untuk memulai menyiapkannya, iya kan?
  • Memajang barang-barang atau gambar yang membuat Anda terus terinspirasi untuk diet. Misalnya, gantung celana kulit kesayangan Anda saat Anda langsing dulu di balik pintu kamar, atau foto Anda yang paling cantik saat tubuh Anda belum ‘melar’ seperti sekarang.
  • Tidur yang cukup adalah makanan yang baik bagi tubuh. Penelitian yang dilakukan di The University of Chicago menyebutkan bahwa tidur dapat mempercepat metabolisme pada tubuh wanita hingga 40 persen.
  • Jangan lupakan sarapan! Selain untuk energy booster, sarapan akan membantu Anda mengurangi jumlah makanan yang masuk saat makan siang.
  • Menjauhkan makanan kecil dari pandangan, terutama saat Anda sedang nonton TV, membaca buku atau di meja kantor.
  • Meninggalkan kebiasan makan Anda yang buruk, seperti makan di tempat tidur atau makan sambil menonton TV.
  • Mengatur jumlah porsi makanan Anda sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh perut. Makanlah jika perut Anda benar-benar merasa lapar dan pastikan bahwa yang lapar adalah perut Anda, bukan ‘mulut’ Anda.
  • Memperbanyak makan sayur dan buah, lupakan ayam goreng dengan kulitnya yang renyah serta kurangi frekuensi kunjungan ke restoran fast food.
  • Biasakan untuk minum teh hijau setidaknya tiga cangkir sehari. Hasil studi yang dilakukan oleh The University of Switzerland mengungkapkan bahwa teh hijau sanggup membantu membakar kalori di dalam tubuh dalam jumlah yang cukup lumayan.
  • Berbagi pekerjaan rumah tangga dengan pembantu, hanya untuk membersihkan dan menyapu kamar tidur Anda sendiri setiap pagi. Aktifitas ringan ini merupakan bentuk lain dari olahraga yang dapat membantu membakar kalori.
Jika Anda sudah 'kerasan' melakoni kebiasaan-kebiasaan ini, maka akan mudah untuk melanjutkan diet ke tingkat yang lebih ‘ketat’ lagi. Siap?

0 comments: