Selasa, 05 April 2011

Sejarah Islam di Indonesia

A. Sejarah Islam di Sumatera

a. Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan ini berdiri pada abad ke-10 M/ 3 H. Raja pertamanya adalah al Malik Ibrahim bin Mahdum, raka kedua al Malik al Shaleh dan yang terakhir bernama al Malik Sabar Syah. Kerajaan ini merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia (daerah Aceh) Namun ada juga yang menyatakan bahwa kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah kerajaan Perlak, tetapi tidak banyak ditemukan bukti-bukti kuat yang mendukung fakta sejarah ini.

Seorang pengembara dari Maroko yang bernama Ibnu Batutah pada tahun 1345 M singgah di kerajaan Pasai pada zaman pemerintahan Malik az Zhahir pada perjalanannya ke Cina. Ibnu Batutah mengemukakan bahwa sistem pendidikan yang berlaku di zaman kerajaan Pasai, yaitu :
1. Materi pendidikan dan pengajaran agama bidang syari’at ialah fiqh Madhab Syafi’i
2. Sistim pendidikannya secara informal berupa Majlis taklim dan halaqah
3. Tokoh pemerintahan merangkap sebagai tokoh agama
4. Biaya pendidikan agama bersumber dari negara.

b. Kerajaan Perlak

Kerajaan Perlak merupakan salah satu kerajaan Islam tertua di Indonesia. Bahan, ada yang menyatakan lebih dahulu dari kerajaan Samuedara Pasai. Namun, sebagaimana dikemukkan terdahulu, tidak banyak bahan pustaka yang menguatkan pendapat tersebut.
Sultan Mahdum Alaudin Muhammad Amin yang memerintah antara tahun 1243 – 1267 M tercatat sebagai sultan keenam. Ia terkenal sebagai sultan yang arif bijaksana dan alim, sekaligus seorang ulama. Sultan inilah yang mendirikan semacam perguruan tinggi Islam pada saat itu.
Download makalah lengkapnya disini

0 comments: