Senin, 18 April 2011

Teori Bakat dan Minat

Teori Bakat dan Minat

A. Pengertian Minat dan Bakat

1. Pengertian Minat

Istilah minat sangat terkait dengan motivasi. Banyak ahli mengemukakan bahwa minat merupakan aspek penting yang mempengaruhi perhatian, berpikir dan berprestasi. Pendapat lain mengaitkan minat dengan cita-cita, bahwa cita-cita merupakan perwujudan dari minat dalam hubungannya dengan masa depan.
Secara spesifik, minat dapat diartikan sebagai berikut :
a. Minat pribadi (personal interest)
Minat pribadi memberikan pengertian sebagai suatu ciri pribadi individu yang relatif stabil. Selanjutnya minat pribadi ditujukan pada suatu kegiatan atau topik yang spesifik (misalnya minat pada olah raga, ilmu pengetahuan, musik, tarian, komputer, dan lain-lain)
b. Minat situasional
Minat situasional adalah minat yang ditumbuhkan oleh kondisi atau faktor lingkungan, misalnya peran pendidikan formal, informasi yang diperoleh melalui buku, internet atau televisi.
c. Minat sebagai keadaan psikologis
Minat sebagai keadaan psikologis terjadi bila seseorang memiliki penilaian yang tinggi untuk suatu kegiatan (value of activity) dan pengetahuan yang tinggi terhadap kegiatan tersebut.
Dari uraian sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa minat merupakan dorongan dari dalam diri seseorang atau faktor yang menimbulkan ketertarikan atau perhatian secara selektif yang menyebabkan dipilihkan suatu obyek atau kegiatan yang mengutnungkan, menyenangkan, atau mendatangkan kepuasan.

2. Pengertian Bakat

Bakat adalah kemampuan individu untuk melakukan suatu tugas, yang pada umumnya membutuhkan waktu yang relatif singkat untuk memperoleh hasil yang optimal dari tugas tersebut. Dalam hal ini, kemampuan individu bisa merupakan potensi yang belum dapat terlihat secara langsung atau dalam bentuk prestasi yang memenuhi kriteria tertentu.


Download makalah lengkap disini

0 comments: