Senin, 18 April 2011

Makalah Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan

Makalah Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan

BAB I
PENDAHULUAN




A. Latar Belakang Masalah

Usia 2 – 6 tahun merupakan masa peka bagi anak-anak. Anak mulai sensitif untuk menerima berbagai perkembangan seluruh potensi anak. Masa peka adalah masa terjadinya pemtangan fungsi-funsgi dan spikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan karena faktor lingkungan sangat mempengaruhi perkembangan anak, masa ini merupakan masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial, emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Oleh sebab itu dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar perkembangan anak sesuai secara optimal. Oleh sebab itu pembiasaan kemandirian dalam penanaman agama sangatlah penting, karena di usia emas (golden age) anak sangat mudah dipengaruhi. Untuk itu bagaimana cara kita menanamkannya, karena pembiasaan yang baik dan dilakukan terus menerus dalam kehidupan anak sehari-hari. Insya Allah kelak anak-anak akan tumbuh seperti yang kita harapkan, sehat, cerdas, berbudi pekerti, dan berakhlak terpuji serta mempunyai kemampuan dasar yang kelas bermanfaat bagi dirinya.

B. Rumusan Masalah

Peran pendidik (orang tua, guru, dan orang dewasa lain) sangat diperlukan dalam upaya pengembangan tersebut harus dilakukan melalui kegiatan yang menyenangkan, bermain sambil belajar, belajar sambil bermain.
Dengan metode pembiasaan, pendidik harus dapat menanamkan dasar pertama bagi anak di usia ini dengan nilai-nilai agama dan kemandirian untuk disiplin sehingga dapat memberi manfaat dan tujuan yang luar biasa untuk bekal anak sampai dewasa.
Maka dari itu bagaimanakah metode pembiasaan dilakukan ? yaitu dengan melakukan kegiatan yang positif, yang diberikan secara terus meneru setiap hari, agar pembiasaan yang baik dapat melekat pada diri anak sampai kelak mereka dewasa.

Download makalah lengkap disini

1 comments:

PELUANG USAHA mengatakan...

posting yang apik !!!