Rabu, 06 Juli 2011

Asuhan Kebidanan Gastritis (Nyeri)

Asuhan Kebidanan Gastritis (Nyeri)

Nyeri adalah perasaan yang tidak nyaman yang sangat subyektif dan hanya orang mengalaminya yang dapat menjelaskan dan mengevaluasi perasaan tersebut (Long, 1996) secara umum.
Secara umum nyeri dapat didefinisikan sebagai perasaan tidak nyaman, baik ringan maupun berat (Priharjo, 1992)
(Wahit Iqbal Mubarok, Kebutuhan Dasar Manusia Teori dan Aplikasi dalam Praktik, 204)
Nyeri menurut Mac. Coffery 1997
Nyeri adalah suatu keadan yang mempengaruhi seseorang dimana eksistensinya diketahui jika seseorang pernah mengalaminya.
Nyeri menurut Wolf Firest 1974nyeri adalah suatu perasaan menderita secara fisik dan mental / perasaan nyeri yang bisa menimbulkan ketegangan.
Nyeri menurut Arthur Cuuton 1983
Nyeri adalah suatu mekanisme produksi bagi tubuh, timbul bilamana jaringan yang sedang dirusak dan menyebabkan individu tersebut bereaksi atau menghilangkan rasa nyeri.
(http://nursecerdaswordpress.com/2008/12/20/kebutuhanras.nyaman.nyeri)
Nyeri merupakan perasaan tidak nyaman, baik ringan maupun berat yang hanya dapat dirasakan oleh individu tersebut tanpa dapat dirasakan oleh orang lain, mencakup, pola fitur, aktifitas seseorang secara langsung dan perubahan hidup seseorang dan menunjukkan terjadinya gangguan fisiologi.
(http://fikumpad unpad.ac.id/?p:98)
Nyeri merupakan mekanisme fisiologis yang bertujuan untuk melindungi diri dan menyebabkan ketidakmampuan seiring dengan peningkatan usia harapan hidup.
(Potter dan Perry, Fundamental Keperawatan, Konsep, Proses dan Praktik, Edisi 4, 1502 – 1503)

Fisiologi Nyeri

Munculnya nyeri berkaitan erat dengan reseptor dan adanya rangsangan reseptor nyeri yang dimaksud adalah nociceptor merupakan ujung-ujung saraf sangat bebas yang memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki myelin yang tersebar pada kulit dan mukosa, khususnya pada visera, sendi, dinding arteri, hati dan kandung empedu.

Download Asuhan Kebidanan Nyeri Lengkap disini

0 comments: