Minggu, 06 November 2011

Makalah Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Sekolah Dasar

BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Kehidupan seseorang ada 2 proses yang beroperasi secara kontinue yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Kedua proses ini berlangsung secara interdependensi atau saling bergantung satu sama lain. Pertumbuhan digunakan untuk menyatakan perubahan-perubahan kuantitatif mengenai fisik atau biologis, sedangkan perkembangan digunakan untuk perubahan-perubahan kualitatif mengenai aspek psikis / rohani dan aspek sosial (Prof. Dr. H. Sukarto, 1995: 35). Oleh karena itu, manusia dipandang sebagai satu kebulatan yang berkembang dan tumbuh secara integralistik serentak dalam  fungsi rohaniah dan jasmaniah.
Perkembangan dalam diri indiidu memiliki berbagai macam faktor yang dapat mendukung dan dapat menghambat sehingga diperlukan adanya bantuan yng dapat memperlancar perubahan pada perkembangan diri individu. Selain itu pertumbuhan juga memerlukan berbagai faktor dimana faktor yang dapat membentuk mempercepat pertumbuhan pada diri individu. Pertumbuhan dan perkembangan sangat berperan penting dan berpengaruh terhadap diri individu tersebut.
Pertumbuhan dan perkembangan dalam anak meliputi sejak ia lahir, tahun pertama, kedua dan seterusnya yang mana dalam usia tersebut terjadi pertumbuhan maupun perkembangan. Sedangkan pertumbuhan dan perkembangan pada usia sekolah yaitu masa kanak-kanak yang terjadi lebih banyak mempengaruhi pada perubahan psikis karena pada fase tersebut anak lebih sensitif dalam hal apapun.
Ada fase-fase tertentu dalam setiap pertumbuhan dan perkembangan, dan semuanya mempunyai ciri khas. Bila dilihat dalam hubungannya dengan proses pendidikan, terdapat beberapa fase; masa usia prasekolah, fase usia sekolah dasar, sekolah menengah, sampai fase usia mahasiswa. Pada fase usia sekolah dasar, merupakan fase yang menarik. Disini anak mulai banyak belajar tentang pemahaman diri mereka. Mereka mulai banyak bertanya tentang segala sesuatu (sebab akibat) seperti, mengapa, dimana, kapan dan sebagainya. Ini dikarenakan tingkat berpikir merek yang semakin meningkat. Sehingga sebagai calon pendidik sekaligus orang tua, kita harus bisa menyikapi keingintahuan mereka secara benar dn bijaksana.
Berdasarkan uraian di atas, menjadi motivasi kelompok kami untuk memilih topik ini dalam tugas penyusunan makalah tentang perkembangan peserta didik, yaitu dengan judul “Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Sekolah Dasar”

1.2  Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang ada dalam pembahasan ini antara lain :
  1. Apa pengertian pertumbuhan dan perkembangan, khususnya pada usia anak sekolah dasar ?
  2. Apa dan bagaimana aspek-aspek yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada usia anak sekolah dasar.

1.3  Tujuan Penulisan Makalah
Adapun tujuannya adalah :
  1. Untuk mengetahui pengertian pertumbuhan dan perkembangan khususnya pada usia anak sekolah dasar.
  2. Untuk mengetahui apa dan bagaimana aspek-aspek yang mempengruhi pertumbuhan dan perkembangan pada usia anak sekolah dasar.
Download makalah lengkap  disini

0 comments:

 
Copyright © DOKUMENQU | Theme by BloggerThemes & simplywp | Sponsored by BB Blogging