Kamis, 15 September 2011

Kajian Teori Nifas

Kajian Teori Nifas

2.1  Nifas


2.1.1    Pengertian Nifas


þ  Nifas adalah masa yang dimulai setelah partus selesai dan berakhir. Setelah kira-kira 6 minggu. Akan tetapi seluruh alat genetalia pulih kembali seperti sebelum ada kehamilan dalam waktu 3 bulan (Sarwono, 2002 : 237).

þ  Masa yang dimulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil yng berlangsung kira-kira 6 minggu (pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, 2002 : 121).

þ  Masa sesudah persalinan yang diperlukan untuk pulihnya kembali alat kandungan yang lamanya 6 minggu (Sarwono, 1983 : 315).

2.1.2     Pembagian Masa Nifas


Masa nifas dibagi menjadi 3 periode, yaitu :

a.   Puerperium Dini

Yaitu pulihnya keadaan ibu dimana ibu sudah diperbolehkan untuk berdiri dan berjalan-jalan, dalam agama dianggap bersih dan boleh bekerja setelah 40 hari.

b.   Puerperium Medial

Yaitu kepulihan menyeluruh dari alat-alat genetalia yang lamanya 6 – 8 minggu

c.   Remote Puerperium

Waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat sempurna terutama bila selama hamil untuk / waktu persalinan mempunyai komplikasi, waktu untuk sehat sempurna bisa berminggu-minggu / berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

(Sarwono, 1983 : 317)

2.1.3        Perubahan Masa Nifas


a.   After pains

Sebagai akibat kontraksi uterus kadang-kadang sangat menganggu selama 2–3 hari PP. After pains lebih terasa bila wanita tersebut menyusui. Perasaan sakit timbul bila msih ada sisa placenta. Sisa selaput ketuban / gumpalan darah dalam kavum uteri.

b.   Suhu badan

þ  Suhu badan inpartu tidak lebih dari 37oC

þ  Sesudah partus dapat naik 0,5oC dari keadaan normal tetapi tidak melebihi 38oC

þ  Sesudah 12 jam pertma PP, suhu kembali normal

þ  Jika > 38oC à infeksi

c.   Nadi

þ  Umumnya 60-80 x/menit

þ  Setelah partus dapat terjadi bradikardi

þ  Bila takikardi dan badan tidak panas mungkin ada perdrahan berlebihan atau ada vitium kordis penderita

þ  Pada masa nifas umumnya denyut nadi lebih labil dibandingkan dengan suhu badan.

d.   Involusi rahim

Setelah placenta lahir fundus uteri + 2 jari dibawah pusat, sesudah 4 hari mengecil dengan cepat sehingga pada hari ke-10 tidak teraba lagi dari luar dan setelah 6 minggu tercapai lagi ukuran yang norml yaitu setelah plcenta lebih beratnya 1000 gr. Seminggu kemudian 500 gr, 2 minggu PP 375 gr dan akhir masa nifas mencapai 50 gr.

e.   Involusi tempat placenta

Pada akhir minggu ke-2 hanya sebesar 3 – 4 cm dan pada akhir nifas 1 – 2 cm

f.     Perubahan pada cervix dan vagina

Beberapa hari setelah persalinan,, ostium esternum dapat dilalui oleh 2 jari. pinggir-pinggirnya tidak rata lagi tetapi retak-retak karena obekan dalam persalinan.

Pada akhir minggu pertama hanya dapat dilalui oleh satu saja dan lingkaran retraksi berhubungan dengan bagian atas dari canalis cervikalis. Pada cervik berbentuk sel-sel otot baru, karena hyperplasi ini dan karena retraksi dari cervik, robekan cervik menjadi sembuh. Meskipun begitu ostium externum tidak bisa kembali seperti sebelum hamil. Pada umumnyua ostium externum lebih besar dan tetap ada retak-retak dan robekan pada pinggirnya, terutama pada pinggir sampingnya. Oleh robekan ke samping ini terbentuk bibir depan dan bibir belakang dari cervbik. Pada minggu ke-3, post partum rugea mulai nampak kembali.

g.   Dinding perut dan peritoneum

Setelah persalinan dinding perut longgar, bisanya pulih dalam 6 minggu.

h.   Saluran kencing

Dinding kandung kencing memperlihatkan oedema dan hyperanemi. Kadang-kadang oedema dari trigonum menimbulkan obstruksi dari uretra sehingga terjadi retensio urine

Kandung kencing dalam masa nifas kurang sensitive dan kapasitasnya bertambah sehingga kandung kencing bertambah penuh / sesudah kencing masih tinggl urine residual. Diatasi ureter dan pyelum normal kembali dalam waktu 2 minggu.

i.    Laktasi

Masing-masing buah dada terdiri dari 15-24 lobi yang terletak radiasi dan terpisah satu dari lobuli yang terdiri dari acni yang dapat menghasilkan air susu

Keadaan buah dada pada 2 hari pertama nifas sama dengan keadan dalam kehamilan. (http://perubahanmasanifas:2008)

Download makalah lengkap disini

0 comments: